Total Tayangan Halaman

Jumat, 18 Desember 2015

Dominasi Iklan Pada Televisi

Perkembangan iklan di zaman modern sekarang ini sangatlah mengesankan terutama pada media penyiaran televisi. Pengertian iklan sendiri adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk agar dapat dikenal dan diketahui oleh khalayak ramai. Menurut para ahli yaitu Courtland L. Bovee ” Iklan adalah komunikasi nonpersonal informasi biasanya dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor diidentifikasi melalui berbagai media.” (Bovee, 1992, hal 7.). Berbagai macam iklan dibuat dengan kreativitas yang luar biasa seperti memberi alur cerita seperti sebuah film pendek, memanfaatkan teknologi canggih untuk membuat animasi, menggunakan artis terkenal sebagai bintang iklan, membuat cerita yang unik dan lucu, dan masih banyak strategi-strategi lain yang digunakan tentu untuk menarik perhatian khalayak.
Lebih dari 50% tayangan di televisi adalah iklan. Dapat dikatakan bahwa iklan merupakan sumber pemasukan terbesar bagi media. Tak dapat dipungkiri bahwa iklan merupakan gudang uang yang dapat meningkatkan ekonomi media tersebut karena dapat meraup keuntungan yang besar hanya dari iklan. Bagaimana tidak? Dilansir dari http://iklan-tv.heck.in/ , tarif pemasangan iklan di televisi berkisar antara 6 juta hingga 16 juta rupiah per 30 detik sesuai dengan jam-jam tertentu. Jam 00.00-05.00 tarif iklan berkisar antara 5-7 juta per 15-30 detik. Jam 05.00-08.00 berkisar antara 7-9 juta per 15-30 detik. Jam 08.00-12.00 berkisar antara 6-8 juta per 15-30 detik. Jam 12.00-13 berkisar antara 7-9 juta. Jam 13.00-17.00 berkisar antara 6-8 juta. Jam 17.00-21.00 berkisar antara 12-14 juta per 15-30 detik. Dan jam 21.00-00.00 berkisar antara 7-9 juta per 15-30 detik. Tarif termahal dikarenakan iklan tersebut diletakkan pada saat prime time antara jam 17.00 hingga 21.00. Pada saat inilah biasanya semua keluarga berkumpul untuk menonton televisi. Tidak hanya itu, peletakkan iklan pada program siaran langsung juga mempengaruhi mahalnya tarif pemasangan iklan. Bagi perusahaan-perusahaan besar yang ingin mempromosikan produknya, tarif bukanlah sebuah masalah besar. Justru mereka berlomba-lomba untuk memasang iklan dengan tarif yang mahal agar mendapat keuntungan yang lebih juga. Seperti halnya produk mereka dapat dilihat oleh banyak orang.
Jika kita amati, pada saat ini ada fenomena yang baru dan unik dalam pemasangan iklan. Dimana iklan tidak hanya ditayangkan sesudah acara namun juga ditayangkan pada saat acara tersebut berlangsung. Seperti halnya ketika kita sedang menonton sebuah acara televisi, tiba-tiba muncul iklan suatu produk di acara tersebut. Biasanya acara yang sedang berlangsung akan menciut menjadi kecil dan sisanya didominasi oleh iklan. Tentu hal seperti ini banyak kita temui pada saat kita sedang menonton televisi. Tidak hanya itu, di salah satu stasiun televisi ada iklan yang dipasang di dalam sinetron. Iklan tersebut diatur sedemikian rupa hingga dapat berada di dalam sinetron yaitu dengan membuat seolah-olah baliho sehingga ketika penonton melihat adegan di sinetron tersebut, penonton juga dapat melihat baliho iklan produk tertentu di dalamnya. Tentu banyak yang beranggapan bahwa hal tersebut sangat mengganggu keindahan gambar dari sebuah sinetron namun sisi komersil-lah yang diperhitungkan oleh pengiklan dan stasiun televisi. Selain itu, iklan juga dikemas dalam bentuk tiga dimensi (3D). Biasanya iklan seperti ini muncul pada saat acara berlangsung secara live seperti acara musik, penghargaan (award), dan lain-lain. Contohnya pada saat acara berlangsung, pembawa acara mempromosikan tentang produk yang menjadi sponsor acara tersebut diikuti dengan animasi 3D di sampingnya, seperti produk tersebut seolah-olah jatuh dari atas dan membuat panggung menjadi retak. Hal seperti ini tentu tidak jarang kita jumpai.
Pada dasarnya, perkembangan penempatan iklan di media televisi berpengaruh besar terhadap pendapatan stasiun televisi tersebut. Wajar bila iklan sangat mendominasi tayangan di televisi. Apalagi di zaman sekarang media banyak yang dijadikan sebagai lahan bisnis ketimbang jendela masyarakat.

1 komentar:

  1. mr.bet, youtube.com and many others in the world
    mr.bet, youtube.com and many others in the world. In this video you'll youtube mp4 learn the ropes and the ropes, as well as the ropes and

    BalasHapus