Perkembangan
iklan di zaman modern sekarang ini sangatlah mengesankan terutama pada media
penyiaran televisi. Pengertian iklan sendiri adalah salah satu cara untuk
mempromosikan produk agar dapat dikenal dan diketahui oleh khalayak ramai. Menurut
para ahli yaitu Courtland L. Bovee ” Iklan adalah komunikasi
nonpersonal informasi biasanya dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang
produk, jasa atau ide oleh sponsor diidentifikasi melalui berbagai media.” (Bovee, 1992, hal 7.). Berbagai macam
iklan dibuat dengan kreativitas yang luar biasa seperti memberi alur cerita
seperti sebuah film pendek, memanfaatkan teknologi canggih untuk membuat
animasi, menggunakan artis terkenal sebagai bintang iklan, membuat cerita yang
unik dan lucu, dan masih banyak strategi-strategi lain yang digunakan tentu
untuk menarik perhatian khalayak.
Lebih
dari 50% tayangan di televisi adalah iklan. Dapat dikatakan bahwa iklan
merupakan sumber pemasukan terbesar bagi media. Tak dapat dipungkiri bahwa
iklan merupakan gudang uang yang dapat meningkatkan ekonomi media tersebut
karena dapat meraup keuntungan yang besar hanya dari iklan. Bagaimana tidak?
Dilansir dari http://iklan-tv.heck.in/ , tarif pemasangan iklan di televisi
berkisar antara 6 juta hingga 16 juta rupiah per 30 detik sesuai dengan jam-jam
tertentu. Jam 00.00-05.00 tarif iklan berkisar antara 5-7 juta per 15-30 detik.
Jam 05.00-08.00 berkisar antara 7-9 juta per 15-30 detik. Jam 08.00-12.00
berkisar antara 6-8 juta per 15-30 detik. Jam 12.00-13 berkisar antara 7-9
juta. Jam 13.00-17.00 berkisar antara 6-8 juta. Jam 17.00-21.00 berkisar antara
12-14 juta per 15-30 detik. Dan jam 21.00-00.00 berkisar antara 7-9 juta per
15-30 detik. Tarif termahal dikarenakan iklan tersebut diletakkan pada saat prime time antara jam 17.00 hingga
21.00. Pada saat inilah biasanya semua keluarga berkumpul untuk menonton
televisi. Tidak hanya itu, peletakkan iklan pada program siaran langsung juga
mempengaruhi mahalnya tarif pemasangan iklan. Bagi perusahaan-perusahaan besar
yang ingin mempromosikan produknya, tarif bukanlah sebuah masalah besar. Justru
mereka berlomba-lomba untuk memasang iklan dengan tarif yang mahal agar
mendapat keuntungan yang lebih juga. Seperti halnya produk mereka dapat dilihat
oleh banyak orang.
Jika
kita amati, pada saat ini ada fenomena yang baru dan unik dalam pemasangan
iklan. Dimana iklan tidak hanya ditayangkan sesudah acara namun juga
ditayangkan pada saat acara tersebut berlangsung. Seperti halnya ketika kita
sedang menonton sebuah acara televisi, tiba-tiba muncul iklan suatu produk di
acara tersebut. Biasanya acara yang sedang berlangsung akan menciut menjadi
kecil dan sisanya didominasi oleh iklan. Tentu hal seperti ini banyak kita
temui pada saat kita sedang menonton televisi. Tidak hanya itu, di salah satu
stasiun televisi ada iklan yang dipasang di dalam sinetron. Iklan tersebut
diatur sedemikian rupa hingga dapat berada di dalam sinetron yaitu dengan
membuat seolah-olah baliho sehingga ketika penonton melihat adegan di sinetron
tersebut, penonton juga dapat melihat baliho iklan produk tertentu di dalamnya.
Tentu banyak yang beranggapan bahwa hal tersebut sangat mengganggu keindahan
gambar dari sebuah sinetron namun sisi komersil-lah yang diperhitungkan oleh
pengiklan dan stasiun televisi. Selain itu, iklan juga dikemas dalam bentuk
tiga dimensi (3D). Biasanya iklan seperti ini muncul pada saat acara
berlangsung secara live seperti acara musik, penghargaan (award), dan
lain-lain. Contohnya pada saat acara berlangsung, pembawa acara mempromosikan
tentang produk yang menjadi sponsor acara tersebut diikuti dengan animasi 3D di
sampingnya, seperti produk tersebut seolah-olah jatuh dari atas dan membuat
panggung menjadi retak. Hal seperti ini tentu tidak jarang kita jumpai.
Pada
dasarnya, perkembangan penempatan iklan di media televisi berpengaruh besar
terhadap pendapatan stasiun televisi tersebut. Wajar bila iklan sangat
mendominasi tayangan di televisi. Apalagi di zaman sekarang media banyak yang
dijadikan sebagai lahan bisnis ketimbang jendela masyarakat.
mr.bet, youtube.com and many others in the world
BalasHapusmr.bet, youtube.com and many others in the world. In this video you'll youtube mp4 learn the ropes and the ropes, as well as the ropes and